Siapkan 5 Hal Ini Agar Sukses Jadi Pengusaha Muda Tahun Depan

Siapkan 5 Hal Ini Agar Sukses Jadi Pengusaha Muda Tahun Depan

Tak selamanya kamu harus bertahan dengan satu ide usaha yang telah lama kamu jalani sejak lima tahun terakhir. Jika usahamu selama ini sukses, kenapa tidak mencoba untuk menambah usaha baru untuk meningkatkan penghasilanmu? Atau, kalau usaha yang sedang kamu jalani sekarang tak punya kemajuan, kenapa harus dipertahankan?

Nah, sebentar lagi kamu akan memasuki tahun baru 2017. Banyak sekali tren pasar baru yang akan bermunculan tahun depan. Tapi, untuk membuka usaha baru tahun depan, kamu harus punya bekal terlebih dahulu, agar bisa bersaing dengan pebisnis lain yang pengalamannya bahkan lebih luas darimu.

Temukan di mana minat dan bakatmu.

Minat dan bakat seperti bayi kembar dempet yang tak bisa terpisahkan. Sebagian orang saat memilih bidang usaha hanya memikirkan minatnya ada di mana. Memang, minat sangat penting dan menentukan tingkat ketekunanmu saat bekerja. Tapi, tanpa bakat, minat saja akan sulit mendorongmu untuk berhasil. Bisa, tapi mungkin memerlukan tenaga lebih banyak dan waktu yang lebih lama. Untuk itu, pastikan minat dan bakatmu sejalan.

Pelajari tentang media sosial.

Tahun ini saja, hampir segala sesuatu kamu sebarkan melalui media sosial. Kamu bebas melakukan apa saja dan menyatakan ide apa pun di media sosial sehingga didengar banyak orang. Nah, media sosial ini menjadi kanal utama untuk menyampaikan ide dan mendapatkan suntikan modal buat usaha barumu. Selain itu, media sosial juga bisa menjadi ‘roket’ untuk mempercepat dan meningkatkan penjualanmu dengan melancarkan sejumlah jurus pemasaran melalui media sosial.

Model bisnis harus tepat.

Sebelum kamu terjun ke ‘lapangan’ untuk menggarap bisnis barumu, kamu harus punya ide. Tapi, apakah ide saja sudah cukup dan bisa membuat bisnismu maju? Mungkin bisa, tapi kemungkinan besar kamu tetap membutuhkan model bisnis yang kuat. Model bisnis, meliputi beberapa elemen yang harus kamu pikirkan, termasuk value proposition, target, key activities, dan penentuan partner untuk berbisnis.

Kembangkan ide yang kreatif dan genuine.

Meniru memang sah-sah saja ketika kamu baru pertama kali belajar dan melakukan hal tersebut. Misalnya, kamu punya ide untuk membuat satu startup yang bergerak di bidang video gaming. Kamu mungkin tidak tahu pada awalnya bagaimana cara memasarkan produkmu. Kemudian kamu melihat bagaimana brand lain memasarkan game mereka melalui penawaran-penawaran ke berbagai perusahaan game besar. Pada awalnya kamu boleh meniru cara mereka. Tapi, jangan sampai kamu terus menyamakan semua karakter dan cara menjualnya dengan mereka. Pelangganmu beda. Produkmu pasti punya ciri khas yang tidak dimiliki brand lain. Otomatis cara pemasarannya pun berbeda.

Pendanaan.

Kalau kamu menggunakan model bisnis dengan benar, tentunya kamu akan dipertemukan dengan sejumlah biaya yang kamu butuhkan untuk membangun bisnis tersebut. Kamu juga akan menghitung dan mendapatkan angka, berapa harga yang pantas untuk produkmu. Nah, ketika kamu sudah punya uang yang cukup, semua tak akan menjadi masalah. Akan menjadi masalah yang memusingkan jika kamu tak punya uang yang cukup untuk membangun bisnis baru ini. Kamu harus pikirkan apakah kamu harus meminjam modal dari keluarga, bank, atau lebih baik patungan dengan teman-temanmu yang juga mau bekerja di ‘perahu’ yang sama. Jangan lupa, kamu juga masih bisa mencoba crowdfunding.

Itu dia lima hal yang harus kamu lakukan sebelum membuka sebuah usaha baru di tahun 2017. Jangan sampai di tengah jalan bisnismu tak berjalan karena salah satu dari lima pilar ini ada yang tak sempurna. Jangan biarkan bisnis yang didasari dari ide brilian ini malah berakhir tak bahagia. Ingat, kesulitan pasti akan kamu temui. Tapi dengan ketekunan dan mau terus belajar, kamu pasti akan menjadi orang sukses suatu saat nanti.

Jadi,, bersiaplah untuk menjadi pengusaha muda di tahun depan

Sumber : Bintang.com
Created By : Daily Theme AOKlandz Indonesia

#Pengusahamuda #mariberbisnis #aoklandzindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *