Review Seminar Muda Jago Investasi 2016

Review Seminar Muda Jago Investasi 2016

Hai Para AOKlanders,

Yuk Simak Review kegiatan Seminar Muda Jago Investasi 2016, Buat kalian yang ikut pasti bakal kangen dengan seminarnya , atau yang belum ikut jadi pengen ikut tahun depan.

Pada tanggal 11 desember 2016, acara Seminar Nasional Muda Jago Investasi (Road To Investor) di Aula Al-amanah lantai 5 gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.

Acara ini diselenggarakan oleh AOKlandz & Universitas Muhammadiyah Kota Tangerang. Ada 400 peserta yang mengikuti acara ini, bahkan mungkin lebih dari 400 karena pada saat hari H masih banyak peserta yang baru registrasi. Peserta pada acara ini terbagi atas beberapa kategori, yaitu peserta VVIP, VIP & Reguler. Hal inilah yang membedakan tempat duduk para peserta & merchandise yang diterima.

Saat Registrasi ulang, peserta terlihat seperti tidak sabar untuk segera masuk ke dalam aula. Mungkin karena mereka adalah para pemuda, jadi terdapat semangat yang begitu membara.

Seminar Muda Jago Investasi

Atau mungkin karena mereka ingin mendapatkan tempat duduk yang nyaman untuk dapat memperhatikan para narasumber dengan seksama.

Saat saya sudah registrasi & masuk ke dalam aula. Ternyata pembawa acara telah siap di atas panggung untuk menyambut para peserta & mulai berbincang ringan kepada para peserta. Hal ini membuat kesan, panitia telah matang mempersiapkan acara ini.

Sebelum acara dimulai, para peserta disuguhkan dengan alunan lagu yang diiringi oleh petikan gitar. Meski terlihat sederhana, namun suara merdu penyanyi itu & petikan gitar yang dimainkan. Membuat telinga ini sejuk mendengarnya & membuat diri terbuai hanyut dalam alunan lagu yang dinyanyikan.

Tidak menunggu waktu yang lama, acara pun dimulai. Mc membuka acara ini dengan bacaan basmalah. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an sebagai tanda syukur kepada Allah, karena hanya berkat rahmat & kasih sayang-Nya acara ini bisa berlangsung. Selanjutnya yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama, sebagai tanda bahwa kami generasi muda adalah generasi penerus yang akan memakmurkan bangsa, menjadikan negara ini maju dengan adanya perkembangan global, dan mampu bersaing dengan negara-negara maju dalam hal apapun. Setelah itu, kita masuk ke acara inti. Yaitu penyampaian materi yang akan disampaikan oleh 4 narasumber, diantaranya adalah :

  1. Reagy Sukmana
  2. Alghi Fari Hasibuan
  3. Bernhart Farras
  4. Robinson bangun

Mereka adalah para pemuda yang sukses dalam bidangnya masing-masing, mereka mambuat orang-orang terinspirasi untuk bisa seperti mereka. Yuk langsung saja kita simak apa materi yang mereka sampaikan. 😉

  1. Reagy Sukmana

Beliau adalah seorang Analyst dari Mega Capital & dosen dari sebuah universitas ternama.

Beliau menjelaskan materi Investasi. Kenapa sih kita harus berinvestasi???

Reagy Sukmana

Karena dengan berinvestasi, masa depan kita akan lebih terjamin. Mengapa demikian?

Kita lihat kebutuhan manusia yang semakin hari semakin meningkat, belum lagi harga barang yang semakin waktu semakin naik. Lalu ditambah lagi dengan inflasi keuangan, jika kita tidak dapat mengelola keuangan dengan baik, maka kita tidak akan mendapatkan hasil apa-apa dimasa depan. Karena uang yang didapat dari hasil produktif kita hanya digunakan untuk pengeluaran-pengeluaran. Jika uang itu ditabung di bank, maka keuntungan yang kita dapatkan itu tidak seberapa dibandingkan dengan berinvestasi.

Beliau sedikit menceritakan kisah hidupnya, dimana kedua orang tuanya tidak mempersiapkan segala sesuatunya untuk masa depan anak-anak orang tua beliau. Bahkan dengan pengelolaan keuangan yang kurang baik, orang tua beliau sempat bangkrut. Hal ini terjadi saat beliau masih kuliah di luar negeri. Beliau sangat kesal terhadap kedua orang tuanya yang tidak mempersiapkan segala sesuatu untuk masa depannya. Beliau sangat down, tetapi mau bagaimana lagi? Memang ini ujian untuknya. Dengan kesabaran, semangat, usaha & do’a, beliau mulai mencari jalan keluar atas persoalan ini. Dan Alhamdulillah dengan ikhtiar & do’a yang tiada henti, beberapa tahun kemudian beliau telah mempunyai bisnis sendiri. Rumah yang hampir disita bank pun kini sudah dapat digunakan lagi. Maka dari itu, sangat pentinglah kita untuk berinvestasi. Demi masa depan yang baik & sukses.

Begitu terkesimanya diriku mendengar kisah hidup ka reagy, penuh perjuangan dan sangat memotivasi. Setelah ka reagy selesai menyampaikan materi, ada sesi tanya jawab. Karena para peserta yang hadir adalah para pemuda, maka pada saat sesi tanya jawab sangat banyak yang ingin bertanya. Tetapi panitia hanya menyiapkan 2 pertanyaan untuk para peserta. Dan peserta yang bertanya diberikan hadiah kaos oleh panitia.

  1. Alghi Fari Hasibuan

Beliau adalah founder AOKlandz, tanpa beliau AOKlandz tak akan pernah ada. Beliau juga seorang konsultan pajak, tahun ini beliau baru lulus S1 dan menjadi wisudawan terbaik di Universitas Muhammadiyah. Selama masa sekolah, beliau sangat berprestasi. Beliau sering menjuarai berbagai macam perlombaan.

Alghi Fari Hasibuan

Pada kesempatan kali ini beliau menyampaikan materi softskill. Setiap manusia pasti memiliki keahlian masing2, tetapi terkadang manusia tidak mengasah keahlian tersebut. Di awal penyampaian materi, seperti biasa beliau selalu memacu peserta untuk semangat. Meski hal yang dilakukan seperti kanak-kanak, tetapi memang itu sangat penting untuk memacu semangat agar fokus dalam menyimak materi.

Setelah beberapa menit, kami pun mulai fokus menerima materi yang disampaikan.

Beliau memperkenalkan orang-orang hebat yang ahli dibidangnya. Agar kita bisa mengasah keahlian kita, maka kita harus fokus dengan 1 bidang yang kita tekuni. Tidak menutup kemungkinan kita bisa ahli dibidang lainnya, namun kita harus benar-benar fokus terhadap 1 bidang saja, agar kita lebih maksimal.

Beliau juga memperkenalkan orang-orang terkaya di Indonesia & dunia, contohnya hermawan kertajaya. Betapa pentingnya pengaruh uang terhadap kesuksesan seseorang. Jika ingin menjadi orang yang sukses, kita tidak boleh minder, malu, dan yang pasti harus fokus.

Setiap kesuksesan seseorang, pasti memiliki kisah lika liku didalam kehidupannya. Tetapi itu semua tergantung bagaimana kita menyikapinya, bagaimana kita memanfaatkan peluang yang ada, dan bagaimana usaha kita. Apakah sudah maksimal atau belum?

Maka dari itu, fokus itu sangat penting dalam kesuksesan seseorang.

  1. Bernhart Farras

Bernhart Farras

Beliau adalah CEO dari Hartlogic yang masih berusia muda. Dengan latar belakang pendidikan di bidang IT.  Yang memiliki impian yang besar untuk memajukan usahanya dan untuk masyarakat Indonesia terlebih lagi para kaula muda. Beliau menceritakan kegiatan usahanya. Dan kiat-kiat menjadi pengusaha muda kepada para peserta seminar.

  1. Robinson Bangun.

Kak Robinson Bangun merupakan Trainer di Indopremier Securities. Beliau menjelaskan tentang investasi syariah, karena sebagian besar masyarakat Indonesia beragama islam. Maka sebagian besar dari mereka masih ragu mengenai investasi, apakah itu diperbolehkan oleh islam atau tidak? Nah, beliau menjelaskan apakah itu investasi syariah? Yang pasti In Syaa Allah investasi ini diperbolehkan oleh agama islam. Justru investasi ini membantu perekonomian masyarakat indonesia yang beragama islam, sistematis investasi ini pun telah diatur berdasarkan aturan syariah. Beliau menjelaskan tentang aplikasi yang bisa melacak sekuritas yang berbasis syariah. Ketika beliau menjelaskan tentang aplikasi tersebut, dan bagaimana cara kerjanya? Disinilah keseruan dimulai.

Robinson Bangun

Beliau mengajukan beberapa pertanyaan kepada para peserta, dan siapa yang bisa menjawab. Maka ia akan diberikan hadiah oleh panitia. Karena beliau narasumber yang terakhir, maka hadiah yang telah disediakan dihabiskan pada sesi tanya jawab beliau. Peserta sangat antusias menjawab pertanyaan dari beliau, sampai-sampai mereka maju kedepan & berebut hadiah tersebut. Pertanyaan yang benar-benar mengasah otak, butuh waktu yang cepat untuk fokus & menghitung. Banyak juga peserta yang maju untuk menjawab pertanyaan, namun jawabannya salah. Alhasil, peserta tersebut tidak mendapatkan apa-apa. Hehe sabar yah..

Seminar Muda Jago Investasi

Waktu terus berlalu, tak terasa sudah dipenghujung acara. Banyak sekali ilmu yang di dapat, benar-benar memotivasi, dan terdapat keseruan. Keseruan yang tidak dapat dilupakan adalah ketika acara berakhir, para panitia mengajak peserta foto bersama. Setelah foto bersama, kami membuat video gaya patung. Katanya sih lagi ngetren, tapi ya ikutan aja yang penting seru. Hehe

Sekian & terimakasih.

 

Penulis : Belinia Sri Mulya

Editor    : Ahmad Lupi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *